5 Fakultas Kedokteran Negeri di Jakarta yang Bisa Dijadikan Pilihan

Fakultas Kedokteran Negeri Jakarta merupakan salah satu pilihan terbaik buat Anda yang bercita-cita menjadi dokter. Jakarta sebagai ibukota Indonesia tentu saja mempunyai kampus kedokteran yang bermutu. Sehingga tidak heran banyak orang yang mengidam-idamkan untuk kuliah di Jakarta. Penasaran mana saja Fakultas Kedokteran Negeri di Jakarta terbaik untuk dijadikan pilihan? Cek di bawah ini!

5 Fakultas Kedokteran Negeri di Jakarta yang Bisa Dijadikan Pilihan

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatan UI adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Universitas negeri ini didirikan pada tahun 1894 oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin saat itu. Fakultas Kedokteran UI sudah mendapatkan akreditasi A pada tahun 2014

FK UI juga menjadi Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia pada saat ini. Sementara untuk biaya kuliah Fakultas Kedokteran di UI untuk UKT BOP-B sebesar Rp7.500.000. Lalu untuk UKT BOP-P sebesar Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000.

UIN Syarif Hidayatullah

Fakultas Kedokteran Negeri Jakarta berikutnya yaitu FK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau disingkat FK UIN JKT. Universitas yang berlokasi di Tangerang Selatan ini membuat FK UIN JKT memiliki daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru. Tidak hanya itu saja, FK UIN JKT juga sudah mendapatkan akreditasi B berdasarkan surat keputusan BAN-PT pada tahun 2013.

Baca juga : Fakultas Kedokteran Negeri

Untuk Anda yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran, UIN Syarif Hidayatullah bisa dijadikan pilihan kampusnya. Untuk biaya yang ditawarkan FK UIN Syarif Hidayatullah berdasarkan golongan yakni mulai dari Rp21.600.000 sampai dengan Rp45.790.000.

UPN ‘Veteran’ Jakarta

Universitas dengan Fakultas Kedokteran Negeri Jakarta selanjutnya yaitu UPN ‘Veteran’. Di universitas ini, program studi pendidikan dokter sudah memiliki akreditasi unggul atau setara A oleh LAM-PTKes. Prodi ini membuka penerimaan mahasiswa baru melalui 3 jalur yakni SNMPTN, SBMPTN serta jalur mandiri melalui SEMA-UPNVJ. Untuk daya tampung mahasiswa prodi pendidikan dokter sebanyak 220 orang.

Biaya pendidikan di UPN menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang terbagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing mahasiswa akan mendapatkan kelompok UKT sesuai kemampuan ekonomi serta penghasilan orangtuanya.

Syarat Masuk di Fakultas Kedokteran

Berikut ini syarat-syarat yang perlu Anda persiapkan ketika ingin masuk kedokteran.

  • Memahami Bidang Sains

Bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran wajib mengambil studi IPA sebab memiliki hubungan pelajaran seperti Biologi, Kimia, Fisika, serta Matematika. pelajaran kedokteran tidak sebatas biologi saja, namun harus paham pelajaran sains lainnya karena untuk menentukan diagnosis penyakit seseorang harus tepat dalam membuat keputusan seperti pemberian obat, dsb.

Baca juga : Biaya Kuliah Per Semester

  • Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris

Tidak hanya pandai dalam bidang sains saja, Anda yang ingin masuk fakultas kedokteran juga harus menguasai Bahasa inggris. Hal tersebut dikarenakan, selama belajar kuliah Anda akan dihadapkan dengan banyak buku, kamus juga jurnal yang tertulis dalam Bahasa inggris.

Itulah informasi mengenai universitas dengan Fakultas Kedokteran Negeri yang ada di Jakarta. Supaya dapat diterima di FK yang Anda inginkan tentunya tidak mudah, maka dari itu perlu persiapan diri yang matang terlebih dahulu. Apabila Anda bingung harus belajar apa, maka bisa mengikuti bimbel untuk persiapan.

Direkomendasikan buat Anda bimbel E Smart Private, untuk menemani persiapan masuk Fakultas Kedokteran. Di ESP bimbel pelayanannya sangat maksimal baik dari segi pendampingan hingga penyampaian informasi. Tersedia juga MMPI yang merupakan tes kepribadian untuk calon mahasiswa kedokteran. Untuk informasi selanjutnya Anda bisa hubungi kami ke 0852 7172 6006.

Kontak Kami

Tinggalkan komentar