5 Fakultas Kedokteran Negeri di Indonesia Terbaik Beserta Rincian Biayanya

Universitas yang memiliki fakultas kedokteran Negeri di Indonesia cukup banyak. Tetapi buat Anda yang ingin memilih jurusan kedokteran memerlukan persiapan yang serius dari segi akademis hingga biaya. Nah, buat Anda yang penasaran,  berikut ada 5 fakultas kedokteran di beberapa Universitas Negeri beserta rincian biayanya:

5 Fakultas Kedokteran Negeri di Indonesia Terbaik

Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada (UGM) memiliki fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat dan keperawatan. Lokasi fakultas ini berada di jalan Farmoko, Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta. Fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat dan keperawatan UGM ini memiliki 12 program studi sarjana yang bisa Anda ambil.

Untuk rincian biaya kuliah di fakultas kedokteran UGM dibagi menjadi 6 golongan berdasarkan pendapatan orang tua. Untuk UKT golongan I, biaya kuliah yang harus dibayarkan adalah Rp500.000. Sedangkan untuk UKT tingkat tertingginya yaitu golongan VI biaya kuliah yang harus dibayarkan adalah Rp22.500.000.

Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Kedokteran Negeri di Universitas Indonesia (UI) memang selalu di impi impikan bagi calon mahasiswa. Fakultas kedokteran di UI telah berkembang mengikuti Program Standar Internasional yang ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.

Baca juga : Biaya Kuliah Per Semester

Biaya kuliah pendidikan S21 reguler di UP disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa dan BOP–B (Biaya Operasional pendidikan berkeadilan). BOP B yang harus dibayarkan sekitar Rp100.000 untuk golongan kelas 1  hingga yang tertinggi golongan kelas 6 Rp7.500.000.

Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) memiliki fakultas kedokteran yang berada di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Fakultas kedokteran di Undip ini memiliki 5 program studi sarjana yang bisa Anda pilih. Sedangkan untuk UKT nya dibagi menjadi 7 golongan berdasarkan jumlah pendapatan dari orang tua mahasiswa.

UKT terendahnya yaitu golongan 1 biaya yang perlu dibayarkan Rp500.000. sedangkan untuk UKT tertinggi yaitu golongan 7 harus membayar sekitar RP7.500.000 hingga Rp19.000.000. Biaya UKT ini tergantung dari jenis program studi yang Anda ambil di fakultas kedokteran UNDIP.

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) juga memiliki fakultas kedokteran yang berada di Kabupaten banyumas, jawa Tengah. Fakultas Kedokteran yang ada di Unsoed ini memiliki 2 program studi sarjana yang bisa Anda pilih. Saat diterima di Unsoed, Anda wajib membayar biaya sumbangan pendanaan yang dibagi menjadi 5 pilihan.

Baca juga : Biaya Masuk PTN Negeri

Pilihan pertama yang harus dibayarkan adalah Rp50.000.000, sedangkan untuk pilihan tertingginya yaitu pilihan 5 di atas Rp300.000.000. Biaya sumbangan pendanaan ini hanya dibayarkan satu kali dalam perkuliahan dan berbeda dengan UKT yang dibayar tiap semesternya.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Urutan kelima ada juga fakultas kedokteran di Universitas Airlangga yang berlokasi di jalan Mayjen Prof Dr. Moestopo, Kota Surabaya. Di Fakultas Kedokteran UNAIR memiliki 4 program studi sarjana yang bisa Anda pilih. Terdapat program studi kedokteran, kebidanan, kedokteran gigi, hingga dokter hewan.

Universitas Airlangga ini menerapkan UKT yang dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan pendapatan orang tua. Untuk UKT kelas 1 terdapat 3 kelas yaitu UKT 1A, 1B dan 1C dengan biaya yang harus dibayarkan sekitar Rp0-Rp2.400.000. Sedangkan untuk UKT kelas 4 biaya yang harus dibayarkan sekitar Rp15.000.000 hingga Rp25.000.0000.

Setelah mengetahui universitas yang memiliki fakultas kedokteran negeri di Indonesia, alangkah baiknya Anda meningkatkan belajar. Anda bisa mengikuti program belajar di ESP bimbel. Kami menyediakan kelas online yang lebih fleksibel dengan materi yang terfokuskan. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa menghubungi kami di 0852 7172 6006.

Kontak Kami

Tinggalkan komentar