Catat! Berikut Ini Syarat Terbaru 3 Jalur Masuk PTN 2023

Jalur Masuk PTN 2023 – Seiring peluncuran Merdeka Belajar, Mendikbudristek Nadiem Makarim melakukan transformasi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Terdapat 3 jalur masuk PTN 2023 terbaru yang akan diterapkan. Penerapan ini menjadi tindak lanjut dari perumusan dan transformasi untuk pendidikan dasar dan menengah. Adapun 3 jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri tersebut yaitu sebagai berikut.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi

Jalur masuk PTN 2023 yang pertama yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi. Seleksi terbaru ini dengan cara melakukan pemeringkatan berdasarkan beberapa hal utama. Pertama, nilai rapor rata-ratanya harus minimum 50 persen dari seluruh mata pelajaran.

Yang kedua, komponen penggali minat dan bakat maksimum harus 50 persen terdiri dari nilai rapor dengan maksimal 2 mata pelajaran pendukung program studi. Selain itu prestasi, dan atau portofolio untuk program studi seni serta olahraga yang diambil oleh calon mahasiswa.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes

Yang berikutnya yaitu seleksi nasional berdasarkan tes. Untuk melakukan seleksi dengan cara ini yaitu fokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Jalur ini berbeda seperti di skema SBMPTN yang lalu yakni tanpa ada lagi tes mata pelajaran.

Baca juga : Apa Itu Bimbel Kedinasan

Untuk seleksi ini, ujian yang akan dilakukan adalah poin potensi kognitif, penalaran matematis, literasi dalam Bahasa Indonesia dan inggris. Keempat poin tersebut diajukan sebagai materi tes yang akan digunakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa PTN di tahun depan.

Seleksi Mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri

Sementara jalur ketiga, seleksi mandiri yang tata caranya masih dilakukan dan diatur oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Penekanan pada aturan terbaru ini yaitu pada unsur transparansi serta larangan untuk elemen tujuan komersial dalam rangka seleksi mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri itu sendiri.

Transparansi ini diwujudkan dalam bentuk keterangan jelas jumlah calon mahasiswa yang diterima masing-masing program studi lalu metode penilaian calon mahasiswa. Metode penilaian ini meliputi tes mandiri, kerja sama tes lewat konsorsium perguruan tinggi, nilai serta hasil seleksi nasional berdasarkan tes atau metode yang lain jika diperlukan.

Baca juga : Bimbel Masuk PTN di Jogja

Tips Lolos Jalur Masuk PTN

Bagi Anda yang ingin lolos jalur masuk PTN 2023 bisa mencoba tips-tips di bawah berikut ini.

  • Untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, apabila Anda belum beruntung lolos melalui jalur SNBP serta SNBT, maka bisa mencoba jalur mandiri. Tetapkan PTN mana yang akan dimasuki dan persiapkan diri, persiapkan persyaratan serta komponen penilaian.
  • Pilihlah jurusan atau fakultas sesuai bakat minat Anda. Kemudian, lihatlah nilai-nilai rapor Anda, mana yang paling sesuai dan stabil untuk mengikuti perkuliahan di program studi pilihan.
  • Pertahankan prestasi, untuk masuk PTN nilai rapor Anda tidak boleh turun ataupun naik dengan tajam. Apabila fluktuasinya teralu tajam, tandanya Anda tidak dapat belajar dengan konsisten.

Itulah informasi mengenai jalur masuk PTN terbaru beserta tips-tips yang bisa Anda perhatikan sebelum mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri. Jangan lupa juga untuk selalu konsisten belajar, prosesnya tidak hanya dibangku sekolah saja, melainkan di era digital ini banyak pilihan bimbel yang menawarkan sistem online maupun offline.

Yaitu ESP Bimbel, merupakan bimbel online serta offline yang sudah banyak dipercaya oleh siswa dan orang tua. Kami akan membantu Anda dalam melakukan persiapan masuk ke PTN. Menyediakan modul lengkap yang bisa menyesuaikan kurikulum serta target belajar. ESP bimbel sangat direkomendasikan dan mengetahui program-program yang kami tawarkan bisa menghubungi 0852 7172 6006.

Kontak Kami

Tinggalkan komentar