Informasi Seputar Ujian Masuk UNDIP Terbaru

Ujian masuk UNDIP sangat menegangkan bagi beberapa orang. Setelah lulus dari Sekolah Lanjut Tingkat Atas, pastinya sangat menyenangkan jika sudah diterima di kampus impian. Apalagi jika Anda diterima di Universitas Diponegoro yang menjadi favorit para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Rasanya seperti semua perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan selama ini untuk menempuh ujian masuk Universitas Diponegoro telah terbayar lunas.

Namun hal ini tidak bisa rasakan oleh semua orang karena keberuntungan setiap orang itu berbeda-beda. Dimana ada beberapa orang yang harus mengulang berkali-kali seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Diponegoro. Hal ini dikarenakan UNDIP menjadi salah satu Universitas favorit di Indonesia. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki mimpi menjadi mahasiswa di UNDIP. Sebaiknya simak informasi seputar ujian masuk Universitas Diponegoro yang lebih lengkap berikut ini.

Jalur Seleksi Masuk UNDIP Terbaru

Universitas Diponegoro atau yang lebih dikenal dengan UNDIP merupakan salah satu Universitas ternama di Tanah Air yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Sejak tahun 1960 UNDIP menjadi perguruan tinggi negeri hingga saat ini telah memiliki sebelas fakultas, dengan emat puluh sembilan prodi. Sehingga Anda bisa memilih prodi sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki.

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika prodi yang dipilih merupakan impian Anda. Apabila sudah memiliki pilihan, sebaiknya ketahui juga beberapa jalur seleksi masuk UNDIP. Hal ini bertujuan agar Anda dapat melakukan beberapa persiapan ujian masuk Universitas Diponegoro. Berikut beberapa jalur seleksi masuk UNDIP yang wajib Anda ketahui.

Baca juga : Bimbel UTBK di Balikpapan

  • Jalur SNMPTN

Untuk jalur pertama seleksi masuk UNDIP adalah SNMPTN. Jalur ini ditunjukan kepada siswa yang memiliki prestasi tinggi dan konsisten di SMA/ SMK/ MA. Data prestasi yang akan digunakan adalah nilai rapor dan portofolio akademik mulai dari semester 1 hingga semester 5 selama sekolah. Selain itu setiap sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Dimana data tersebut berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa yang lengkap dan benar. Selanjutnya data tersebut akan diseleksi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

  • Jalur SBMPTN

Jalur seleksi kedua masuk UNDIP adalah SBMPTN. Dimana jalur ini menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK yang bisa diikuti oleh semua siswa secara nasional. Penentuan kelulusan seleksi berdasarkan nilai yang diperoleh dengan pengerjaan soal ujian dan perangkingan nilai secara nasional.

Biasanya waktu pelaksanaan seleksi dilakukan setelah pengumuman SNMPTN. Hal ini bertujuan agar siswa yang tidak lulus atau belum beruntung di jalur SNMPT masih memiliki kesempatan diterima di UNDIP.

Baca juga : Bimbel UTBK di Bandung

  • Jalur Ujian Mandiri

Jalur seleksi ketiga masuk UNDIP adalah jalur ujian mandiri. Jalur ini merupakan kesempatan masuk UNDIP yang diberikan kepada semua siswa melalui ujian tertulis. Biasanya jalur ini diselenggarakan oleh pihak perguruan tinggi sendiri, bahkan waktu pendaftaran ujian diadakan setelah SBMPTN.

  • Jalur Bibit Unggul

Selanjutnya merupakan jalur keempat masuk UNDIP adalah jalur bibit unggul. Merupakan jalur yang diberikan kepada para lulusan SLTA yang memiliki potensi bakat dan prestasi unggul di berbagai bidang. Seperti olahraga, seni, ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan kriteria minimal juara satu, dua dan tiga tingkat nasional.

Itulah informasi seputar ujian masuk UNDIP bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk mempermudah Anda lolos seleksi ujian tersebut, sebaiknya gunakan bantuan bimbingan belajar eSmart Private. Dengan mengikuti bimbingan eSmart Private Anda akan mendapatkan fasilitas berupa modul tes UTBK yang lengkap. Untuk itu langganan eSmart Private melalui https://sukses-ptn.esmart-private.com sekarang juga!!

Kontak Kami

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment