Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Lolos UTBK UNJ

UTBK UNJ atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan ujian wajib setiap siswa SMA atau sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi UNJ melalui jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Berada di tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA), Anda memang harus pintar membagi waktu belajar untuk ujian akhir dan persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Anda yang berminat daftar kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), persiapan apa saja yang sudah dilakukan?

Sama seperti tahun sebelumnya, proses seleksi dibagi dalam 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. Bagi Anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi terfavorit, maka perlu mengetahui tips lolos ujian masuknya seperti UTBK misalnya. Cek ulasannya berikut ini!

Tips Lolos UTBK UNJ Dengan Mudah

Nilai UTBK menentukan apakah Anda akan diterima sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi yang dipilih melalui jalur seleksi SBMPTN atau tidak. Semakin banyak informasi yang didapat terkait proses seleksi tersebut, peluang untuk lolos UTBK UNJ semakin besar. Berikut adalah tips buat Anda sebagai calon mahasiswa baru UNJ agar lolos ujiannya.

Cari Informasi Lengkap Seputar UTBK

Daripada berdiam dan membuang waktu dengan percuma, sebaiknya Anda mencoba mengumpulkan informasi seputar proses seleksi perguruan tinggi. Jangan lupa untuk terus mengupdate perkembangannya.

Baca juga : UTBK UNS

Hal itu karena aturan seleksi sangat mungkin terjadi perubahan walaupun hanya sedikit aturan baru yang ditambahkan. Perhatikan benar tentang jadwal pendaftaran, syarat dan ketentuan. Selain itu, perhatikan juga sistem penilaian, kelengkapan dokumen, dan syarat tambahan lainnya.

Srategi Pemilihan Program Studi

Tips kedua ini sangat menentukan apakah Anda akan lolos seleksi SBMPTN dan diterima pada prodi pilihan atau tidak. Pemilihan program studi pertama dan kedua harus dipikirkan secara maksimal, tempatkan  prodi dengan skor kelulusan tinggi pada pilihan pertama, dan pilihan kedua untuk prodi dengan skor kelulusan yang relatif lebih rendah.

Cari informasi seputar rata-rata nilai ujian untuk masuk prodi pilihan dan jangan lupa periksa sebaran peminat di situs resmi SBMPTN. Jika presentase semakin kecil artinya persaingan cukup ketat, sementara semakin besar presentase maka persaingan cukup longgar.

Pahami Sistem Penilaian Ujian

Ada tiga tahap pembobotan nilai ujian tulis berbasis komputer yang harus diketahui, sehingga Anda tahu teknik menjawab soal ujian untuk mendapat skor maksimal. Pertama, skor 1 poin untuk seluruh jawaban benar dan skor 0 poin untuk jawaban kosong.

Baca juga : Bimbel SIMAK

Kedua, semua soal yang benar akan dianalisa berdasarkan tingkat kesulitannya dengan soal lain. Ketiga skor peserta dihitung berdasarkan jawaban benar di tahap dua. Semakin tinggi tingkat kesulitan soal, bobot nilai semakin tinggi.

Rajin Latihan Soal dan Ikut Tryout

Latihan mengerjakan soal-soal SBMPTN dari tahun sebelumnya akan membuat Anda terbiasa dengan konsep soal ujian. Salah satu tipsnya, lebih banyak mengerjakan soal HOTS (Hard Order Thinking Skill) daripada LOTS (Low Order Thinking Skill) untuk melatih kemampuan analisis.

Selanjutnya, ukur kemampuan dan persiapan Anda mengikuti ujian dengan mengikuti tryout. Hasil dari tryout tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi, dan tryout akan melatih mental dan manajemen waktu dalam menghadapi ujian yang sebenarnya.

Jika Anda berdomisili di Yogyakarta dan berencana ikut bimbingan belajar sebagai persiapkan menghadapi UTBK, boleh daftar bimbel eSmart Private dengan pengajar yang berpengalaman dalam persiapan seleksi masuk perguruan tinggi. Kelas dilakukan secara tatap muka dan online, sehingga Anda yang berada di luar Yogyakarta dapat memilih kelas private online. Maksimalkan persiapan Anda untuk lolos UTBK UNJ dengan daftar program intensif masuk jurusan pilihan melaui laman website resmi eSmart https://sukses-ptn.esmart-private.com sekarang.

Kontak Kami

5/5 - (2 votes)

Leave a Comment